A.
Membaca Kritis
Membaca kritis merupakan kegiatan membaca untuk
mendapatkan informasi yang relevan dan diperlukan untuk tulisan yang akan
dikembangkan (Rahardi, 2010).
B.
Ragam Membaca Kritis
Ada berbagai ragam membaca kritis bergantung pada
jenis informasi seperti apa yang kita inginkan, yaitu (Badudu, 1981):
1. Membaca Cepat atau Sekilas untuk Membaca Topik
Membaca cepat bertujuan untuk mengetahui informsi secara umum yang
dibicarakan dalam tulisan. Dalam hal ini, perlu memfokuskan perhatian pada
bagian-bagian tertentu. Kita bisa membaca tulisan dengan cepat/secara sekilas
dari awal sampai akhir. Dari kegiatan membaca cepat ini, kita mendapat ide
tentang topik tulisan yang kita baca.
2. Membaca Cepat untuk Informasi Khusus
Membaca cepat juga bisa dilakukan jika kita menginginkan informasi khusus
dari sebuah tulisan. Perhatian kita hanya tertuju pada bagian-bagian yang kita
inginkan. Bagian-bagian yang mengandung informasi yang tidak dinginkan tidak
mendapat perhatian dari kita.
3. Membaca Teliti untuk Informasi Rinci
Ketika ingin mendapatkan informasi rinci tentang suatu hal dalam, kegiatan
membaca difokuskan pada bagian yang mengandung informasi yang kita ketahui
secara rinci. Saat kita sampai pada bagian tersebut, kita membacanya dengan
teliti sampai kita benar-benar memahami informasi yang kita dapatkan.
Bagian-bagian lain yang tidak kita perlukan tidak perlu dibaca lebih lanjut.
C.
Membaca Kritis Tulisan atau Artikel Ilmiah
Membaca tulisan atau artikel ilmiah berbeda dengan
membaca jenis tulisan lain karena jenis informasinya berbeda. Tulisan ilmiah
biasanya berisi informasi yang merupakan hasil penelitian. Ini berbeda dengan
jenis tulisan lain yang informasinya bisa berupa pendapat dan kesan pribadi
yang belum dibuktikan melalui penelitian dan prosedur ilmiah. Berikut adalah
beberapa hal yang mungkin perlu diperhatikan dalam membaca tulisan atau artikel
ilmiah (Rahardi, 2010).
1. Menggali Tesis atau Pernyataan Masalah
Tulisan atau artikel ilmiah biasanya mempunyai tesis atau pernyataan umum
tentang masalah yang dibahas. Sebuah tesis biasanya diungkapkan dengan sebuah
kalimat dan menilai apakah penulisannya berhasil atau tidak dalam membahas atau
memecahkan masalah yang diajukan.
2. Meringkas Butir-Butir Penting Setiap Artikel
Meringkas butir-butir penting setiap artikel yang kita baca perlu dilakukan
karena ringkasan itu bisa dikembangkan untuk mendukung pernyataan yang kita
buat. Dengan adanya ringkasan, kita juga tidak perlu lagi membaca artikel
secara keseluruhan kalau kita memerlukan informasi dari artikel yang
bersangkutan.
3. Memahami Konsep-Konsep Penting ( Pandangan Ahli, Hasil
Penelitian,dan Teori)
Memahami konsep-konsep penting dari tulisan ilmiah perlu dilakukan untuk
mendukung tesis atau pernyataan umum tulisan. Dengan memahami konsep-konsep
penting dari sebuah tulisan ilmiah, kita juga dapat lebih memahami
konsep-konsep yang akan kita kembangkan dalam tulisan.
4. Menentukan Bagian yang akan Dikutip
Mengutip pendapat orang lain merupakan kegiatan yang sering kita lakukan
dalam menulis. Dalam mengutip bagian dari sebuah tulisan ilmiah juga perlu
memperhatikan relevansi bagian tersebut dengan tulisan kita.
5. Menentukan Implikasi dari Bagian atau Sumber yang Dikutip
Dalam mengutip bagian dari sebuah artikel perlu menyadari implikasinya,
apakah kutipan itu mendukung gagasan yang akan kita kembangkan dalam tulisan
atau sebaliknya.
6. Menentukan Posisi Penulis sebagai Pengutip
Dalam mengutip pernyataan yang ada sebuah artikel, perlu secara jelas
meletakkan posisi kita. Apakah kita bersikap netral, menyetujui atau tidak
menyetujui pernyataan yang kita kutip.
D.
Karakteristik Membaca Kritis
Membaca kritis pada dasarnya merupakan langkah lebih lanjut dari berpikir
dan bersikap kritis. Adapun kemampuan berpikir dan bersikap kritis meliputi
(Nurhadi, 1987):
a. Menginterpretasi secara kritis
b. Menganalisis secara kritis
c. Mengorganisasi secara kritis
d. Menilai secara kritis
e. Menerapkan konsep secara kritis
Teknik-teknik
yang digunakan untuk meningkatkan sikap kritis adalah sebagai berikut yaitu
(Nurhadi, 1987):
a. Kemampuan mengingat dan mengenali ide pokok paragraf,
tokoh-tokoh cerita dan sifat-sifatnya.
b. Kemampuan memahami atau menginterpretasi makna
tersirat
c. Kemampuan menganalisis
d. Kemampuan menilai isi bacaan
https://ariputuamijaya.wordpress.com/2013/01/14/membaca-kritis-untuk-menulis-ilmiah-2/ (diunduh pada hari Jumat, 5
Desember 2014 pukul 19.30 WIB).
In this fashion my colleague Wesley Virgin's biography launches with this SHOCKING AND CONTROVERSIAL VIDEO.
As a matter of fact, Wesley was in the army-and soon after leaving-he revealed hidden, "MIND CONTROL" tactics that the CIA and others used to get anything they want.
These are the exact same methods lots of celebrities (especially those who "became famous out of nowhere") and top business people used to become wealthy and successful.
You've heard that you utilize only 10% of your brain.
That's because the majority of your brain's power is UNCONSCIOUS.
Perhaps this conversation has even occurred IN YOUR very own head... as it did in my good friend Wesley Virgin's head 7 years back, while riding a non-registered, trash bucket of a car without a license and $3 on his bank card.
"I'm absolutely frustrated with living payroll to payroll! When will I finally succeed?"
You've been a part of those those thoughts, ain't it so?
Your success story is going to be written. You need to start believing in YOURSELF.
CLICK HERE To Find Out How To Become A MILLIONAIRE