Sejarah Perkembangan Sosiologi


.



Sosiologi berdiri sebagai ilmu hadir pada masa Auguste Comte, seorang filosofi dari Perancis. Mengapa Auguste Comte bisa menemukan ilmu ini? Karena pada masa itu, di Eropa sedang terjadi revolusi di setiap aspek kehidupan (revolusi industri, revolusi ekonomi, revolusi sosial, dll) sehingga terjadi perubahan. Sebenarnya ada sisi positifnya, tetapi pada masa itu lebih banyak sisi negatifnya.

Lalu datang Herbert Spencer dari Inggris, ia mengembangkan gagasan Auguste Comte (sosiologi masih belum menjadi sebuah ilmu).  Herbert juga seorang penulis buku yang berjudul “Principles of Sociology”.
Kemudian datang Emile Durkheim pada tahun 1858-1917. Ia mengembangkan sosiologi dengan gagasan Auguste Comte dan manjadikan sosiologi sebagai ilmu yang dapat dipelajari dalam  bukunya yang berjudul “Rules of Sociological Method”.

Sementara itu sosiologi menyebar luas, dan sampailah di Indonesia. Bapak sosiologi Indonesia bernama Bapak Selo Soemardjan. Ia seorang dosen yang kemudian mengajar ilmu sosiologi di Universitas Gajah Mada (UGM). Ia menulis dua buku yang berjudul “Setangkai Bunga Sosiologi” dan “Social Change in Yogyakarta”

Your Reply